MEMAHAMI TENTANG WEBSITE

05.02

           PENGERTIAN WEBSITE ATAU SITUS

Website atau situs juga dapat diartikan sebagai kumpulan halaman yang menampilkan informasi data teks, data gambar diam atau gerak, data animasi, suara, video dan atau gabungan dari semuanya, baik yang bersifat statis maupun dinamis yang membentuk satu rangkaian bangunan yang saling terkait dimana masing-masing dihubungkan dengan jaringan-jaringan halaman (hyperlink). Bersifat statis apabila isi informasi website tetap, jarang berubah, dan isi informasinya searah hanya dari pemilik website. Bersifat dinamis apabila isi informasi website selalu berubah-ubah, dan isi informasinya interaktif dua arah berasal dari pemilik serta pengguna website. Contoh website statis adalah berisi profil perusahaan, sedangkan website dinamis adalah seperti Friendster, Multiply, dll. Dalam sisi pengembangannya, website statis hanya bisa diupdate oleh pemiliknya saja, sedangkan website dinamis bisa diupdate oleh pengguna maupun pemilik.
B.unsur-unsur dalam penyediaan website atau situs

Untuk menyediakan sebuah website, maka kita harus menyeediakan unsur-unsur penunjangnya, seperti halnya:
-Nama domain (Domain name/URL - Uniform Resource Locator)
 Nama domain atau biasa disebut dengan Domain Name atau URL adalah alamat unik di dunia internet yang digunakan untuk mengidentifikasi sebuah website, atau dengan kata lain domain name adalah alamat yang digunakan untuk menemukan sebuah website pada dunia internet.Contoh:http://www.namasitus.com
Nama domain diperjualbelikan secara bebas di internet dengan status sewa tahunan. Setelah Nama Domain itu terbeli di salah satu penyedia jasa pendaftaran, maka pengguna disediakan sebuah kontrol panel untuk administrasinya. Jika pengguna lupa/tidak memperpanjang masa sewanya, maka nama domain itu akan di lepas lagi ketersediaannya untuk umum. Nama domain sendiri mempunyai identifikasi ekstensi/akhiran sesuai dengan kepentingan dan lokasi keberadaan website tersebut. Contoh nama domain ber-ekstensi internasional adalah com, net, org, info, biz, name, ws. Contoh nama domain ber-ekstensi lokasi Negara Indonesia adalah :
.co.id : Untuk Badan Usaha yang mempunyai badan hukum sah
.ac.id : Untuk Lembaga Pendidikan
.go.id : Khusus untuk Lembaga Pemerintahan Republik Indonesia
.mil.id : Khusus untuk Lembaga Militer Republik Indonesia
.or.id : Untuk segala macam organisasi yand tidak termasuk dalam kategori “ac.id”,”co.id”,”go.id”,”mil.id” dan lain lain
.war.net.id : untuk industri warung internet di Indonesia
.sch.id : khusus untuk Lembaga Pendidikan yang menyelenggarakan pendidikan seperti SD, SMP dan atau SMU
.web.id : Ditujukan bagi badan usaha, organisasi ataupun perseorangan yang melakukan kegiatannya di World Wide Web



MEMAHAMI URL UNTUK MENGAKSES WEB


URL (Uniform Resource Locator) data diartikan sebagai alamat suatu file di internet. File tersebut dapat berupa file halaman web (*.htm, *.html, dll), file gambar (*.jpg, *.bmp, dll), ataupun tipe file lain.  Bentuk lengkap penulisan URL adalah sebagai berikut :
protokol://nama_host/path/nama_file
  • Protokol adalah jenis protokol yang akan digunakan, seperti http atau ftp.
  • Nama_host adalah nama host (domain) tempat file tersebut.
  • Path adalah lokasi/ direktori tempat file-file diletakkan pada web server.
  • Nama_file adalah nama file yang dipanggil.
Sebagai contoh URL http://www.deztafirst.com/berita/domain_baru.htm memiliki format seperti ini :
  • http adalah protocol yang digunakan.
  • www.deztafirst.com adalah host name-nya.
  • Berita adalah path atau direktori yang dituju.
  • Domain_baru.htm adalah nama file yang diakses.

Untuk mengakses suatu file di internet, URL file tersebut kita ketikkan di address bar pada browser yang kita gunakan, kemudian klik tombol Go. Jika URL yang kita ketik hanya berisi protokol dan nama domain, maka halaman web yang tampil merupakan homepage (halaman utama) situs tersebut. Misalkan URL yang kita ketik adalah http://www.yahoo.com, maka tampilan halaman web yang terbuka beberapa saat kemudian adalah homepage domain yahoo.com. Pada browser-browser sekarang, protokol http dianggap sebagai protokol standar sehingga boleh untuk tidak dicantumkan pada saat menulis alamat di address bar untuk mengaksesnya. Jadi, untuk mengakses homepage Yahoo, kita cukup mengetikkan www.yahoo.com kemudian tekan enter, browser kita otomatis akan melengkapi penulisan URL tadi dengan menambahkan http:// di depannya.
Jika URL yang kita ketikkan cukup panjang, memuat path dan nama file, maka yang akan terbuka kemudian adalah halaman tertentu bagian situs web yang memerlukan waktu relatif lebih lama (mungkin perlu klik beberapa hyperlink) jika kita mulai mengaksesnya dari homepage situs tersebut.
perbedaan domain name dengan URL
Domain name hanya mengacu pada sistem penamaan alamat internet protokol, sedangkan URL adalah sarana untuk menentukan alamat yang akan kita pakai untuk mengakses suatu file internet. Sebagai contoh : domain name untuk situs www.yahoo.com adalah yahoo.com. Sedangkan alamat URL untuk homepage yahoo.com adalah http://www.yahoo.com.


perbedaan antara Web site, Homepage dan Web page
  • Web site (situs web) adalah keseluruhan isi web server yang dimiliki oleh seseorang atau lembaga tertentu. Web site bisa diibaratkan sebagai sebuah buku yang terdiri dari halaman-halaman tertentu, termasuk cover, daftar isi, dan sebagainya.
  • Homepage adalah halaman utama sebuah web site. Bisa diibaratkan sebagai cover sebuah buku, atau ruang tamu sebuah rumah.
  • Web page adalah halaman tertentu yang terdapat di sebuah web site. Karena satu halaman web biasanya merupakan sebuah file, maka satu web page bisa juga disebut sebagai satu file HTML. File HTML adalah jenis file yang digunakan untuk menyimpan semua data yang akan diakses oleh internet
Previous
Next Post »

14 komentar

  1. keren gan info nya
    terimakasih atas nfo nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Assalamualaikum Salam sejahtera untuk kita semua, Sengaja ingin menulis sedikit kesaksian untuk berbagi, barangkali ada teman-teman yang sedang kesulitan masalah keuangan, Awal mula saya mengamalkan Pesugihan Tanpa Tumbal karena usaha saya bangkrut dan saya menanggung hutang sebesar 5M saya sters hampir bunuh diri tidak tau harus bagai mana agar bisa melunasi hutang saya, saya coba buka-buka internet dan saya bertemu dengan AKI MANGALAH, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama 3 hari saya berpikir, saya akhirnya bergabung dan menghubungi AKI MANGALAH kata Pak.AKI pesugihan yang cocok untuk saya adalah pesugihan penarikan uang gaib 7Miliyar dengan tumbal hewan, Semua petunjuk saya ikuti dan hanya 1 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah akhirnya 7M yang saya minta benar benar ada di tangan saya semua hutang saya lunas dan sisanya buat modal usaha. sekarang rumah sudah punya dan mobil pun sudah ada. Maka dari itu, setiap kali ada teman saya yang mengeluhkan nasibnya, saya sering menyarankan untuk menghubungi AKI MANGALAH Di Tlp 0823-3252-5969 agar di berikan arahan. Supaya tidak langsung datang ke jawa timur, saya sendiri dulu hanya berkonsultasi jarak jauh. Alhamdulillah, hasilnya sangat baik, jika ingin seperti saya coba hubungi AKI MANGALAH pasti akan di bantu Oleh Beliau

      Hapus
  2. terus psting info2 yg bermanfaatnya gan
    senang bisa berkunjung ke blog anda
    terimakasih banyak

    BalasHapus
  3. thanks info nya
    lanjut terus posting info info yang menarik lain nya

    BalasHapus
  4. sekarang sudah tahu jadi begit
    terimakasih gan

    BalasHapus
  5. ijin nyimak gan
    infonya sangan simple dan menarik
    menambah wawasan pengetahuan
    terima kasih banyak

    BalasHapus
  6. ijin nyimak infonya gan
    sangat menarik dan bermanfaat
    senang bisa berkunjung ke blog anda
    terima kasih banyak,sukses terus

    BalasHapus
  7. bagus sekali info nya
    sangat menarik dan bermanfaat

    BalasHapus
  8. thanks gan infonya menarik dan bermanfaat sekali
    update terus info menarik lainnya sukses terus

    BalasHapus
  9. terima kasih infonya gan
    silakan kunjungi ke web kami
    http://nasasuper.com/
    http://jualpupukorganik099.blogspot.co.id/

    BalasHapus
  10. banyak artikel yang bagus di blog ini
    terimakasih gan

    BalasHapus