komponen komponen cpu

23.35
BAGIAN BAGIAN CPU
Seperti yang kita ketahui CPU Merupakan alat yang berfungsi sebagai pemroses data. CPU berisi rangkaian sirkuit yang menyimpan instruksi-instruksi pemrosesan dan penyimpanan data. Begitu banyak bagian bagian yang terdapat di CPU atau (central processing unit) berikut ini adalah sedikit contoh dan penjelasan bagian bagian yang terdapat dalam CPU komputer kita:

1. Control unit, Control unit ini bertugas menerjemahkan perintah secara berurutan dan di teruskan ke seluruh bagian komputer.








2.Arithmetic Logic Unit (ALU), yang berfungsi untuk memproses data melalui perhitungan, dsb.






3. Memory, adalah suatu bagaian yang berfungsi untuk menampung atau menyimpan data pada proses aplikasi program di komputer.

Adat dua macam cache memory pada komputer kita,

a.Cache memory:

-.Cache memory yang terdapat pada internal Processor, chace memory jenis ini kecepatan aksesnya sangat tinggi, dan harganya sangat mahal. Hal ini bisa terlihat pada Processor yang berharga mahal seperti P4, P3, AMD-Athlon dll, semakin tinggi kapasitas L1, L2 Cache memory maka semakin mahal dan semakin cepat Processor.

-.Cache memory yang terdapat di luar Processor, yaitu berada pada Motherboard, memory jenis ini kecepatan aksesnya sangat tinggi, meskipun tidak secepat cache memory jenis pertama ( yang ada di internal CPU ). Semakin besar kapasitasnya maka semakin mahal dan cepat. Hal ini bisa dilihat pada Motherboard dengan beraneka ragam kapasitas cache memory, yaitu: 256Mb, 512Mb, 1G, 2G.

b.Memory utama adalah memory yang berfungsi untuk menyimpan data dan program. Jenis memory utama:

-.ROM ( Read Only Memory ) yaitu memory yang hanya bisa dibaca saja datanya atau programnya. Pada PC, ROM terdapat pada BIOS ( Basic Input Output System ) yang terdapat pada Motherboard yang berfungsi untuk men-setting peripheral yang ada pada system. Cth: AMIBIOS, AWARD BIOS, dll. ROM untuk BIOS terdapat banyak jenis diantaranya adalah jenis Flash EEPROM BIOS yang memiliki kemampuan untuk dapat diganti programnya dengan software yang disediakan oleh perusahaan pembuat Motherboard, yang umumnya pernggantian tersebut untuk peningkatan untuk kerja dari peripheral yang ada di Motherboard.






-.RAM ( Random Acces Memory ) yang memiliki kemampuan untuk diubah data atau program yang tersimpan di dalamnya. Ada beberapa jenis RAM yang ada di pasaran saat ini: SRAM, EDORAM, SDRAM, DDRAM, RDRAM, VGRAM, Dll






Pada memory jenis RAM dikenal istilah BUS SPEED, seperti PC 66, PC 100, PC 133, PC 200, PC 400, dll yang artinya adalah kecepatan aliran data atau program pada memory di mana semakin besar nilai BUS SPEED, maka semakin cepat akses terhadap memory tersebut. Memory sekunder merupakan memory tambahan yang berfungsi untuk menyimpan data atau program. Cth: Hard Disk, Floppy Disk, dll. Hubungan antara Cache Memory, Memory Utama, Memory Sekunder.

3. HardDisk adalah sebuah komponen perangkat keras yang menyimpan data sekunder dan berisi                piringan magnetis. Sekarang teknologi sudah semakin maju, Harddisk sekarang kapasitasnya sudah mencapai ratusan gigabyet, bahkan ada kapasitas terbesar saat ini ada yang mencapai 2 Terabyet, padahal dulu harddisk berkapasitas 1G adalah barang yang mewah







Previous
Next Post »
0 Komentar