PERANGKAT KOMPUTER

00.01

Pengertian Dan Jenis Input Devices

10 AGUSTUS 2011
INPUT DEVICE

Alat masukkan atau input devices yaitu alat (bisa berbentuk hardware maupun software) yang berfungsi sebagai piranti masukkan yang bisa memasukkan data atau informasi kedalam sistem komputer.
Gambaran secara umum tentang alat masukkan pada komputer.
Berikut ini beberapa devices yang biasanya terdapat dalam komputer:
  1. Keyboard : peranti untuk menginputkan atau memasukkan karakter berupa angka, huruf, simbol tertentu ke perangkat lunak atau sistem operasi.
     
  1. Mouse : alat yang digunakan sebagai media penunjuk atau mengarahkan pointer dalam computer.


    1. Track ball : alat penunjuk berupa bola yang berada di dalam sebuah alat yang memiliki sensor gerakan.
    2. Voice recognition devices : alat untuk mendeteksi atau mengenali gelombang suara.
    3. Scanner : alat elektronik yang fungsinya mirip dengan mesin fotokopi yang digunakan untuk membaca suatu objek pada sebuah bidang datar seperti kertas.

    1. Digitizer : piramti masukkan menggunakan media magnetis untuk memindahkan gambar ke komputer.
    2. Magnetic reader : perangkat untuk membaca magnetic strip pada kartu.
    3. Retina scanner : alat yang berfungsi untuk sebagai alat pendeteksi retina mata.
    4. Face identifier : alat digunakan untuk mendeteksi atau sebagai pengenal wajah
    5. Smart card reader : perangkat untuk membaca data dari suatu jenis kartu dan mengirimkannya ke komputer.

    1. Head detector : perangkat yang merespon perubahan temperatur, biasanya jika temperatur naik maka alarm akan menyala.
    2. Smoke detector : alat pendeteksi asap, smoke detector berfungsi sebagai alat proteksi dari kebakaran





    Jenis Dan Penjelasan Output Devices

    10 AGUSTUS 2011

    OUTPUT DEVICE dan Contoh Output yang dihasilkan dari pemroses dapat digolongkan menjadi empat bentuk, yaitu tulisan (huruf, angka, simbol khusus), image (dalam bentuk grafik atau gambar), suara, dan bentuk lain yang dapat dibaca oleh mesin (machine-readable form). Tiga golongan pertama adalah output yang dapat digunakan langsung oleh manusia, sedangkan golongan terakhir biasanya digunakan sebagai input untuk proses selanjutnya dari komputer. Peralatan output dapat berupa:
    1. Hard-copy device, yaitu alat yang digunakan untuk mencetak tulisan dan image pada media keras seperti kertas atau film.
    2. Soft-copy device, yaitu alat yang digunakan untuk menampilkan tulisan dan image pada media lunak yang berupa sinyal elektronik.
    3. Drive device atau driver, yaitu alat yang digunakan untuk merekam simbol dalam bentuk yang hanya dapat dibaca oleh mesin pada media seperti magnetic disk atau magnetic tape. Alat ini berfungsi ganda, sebagai alat output dan juga sebagai alat input.

    Output bentuk pertama sifatnya adalah permanen dan lebih portable (dapat dilepas dari alat outputnya dan dapat dibawa ke mana-mana). Alat yang umum digunakan untuk ini adalah printer, plotter, dan alat microfilm. Sedangkan output bentuk kedua dapat berupa video display, flat panel, dan speaker. Dan alat output bentuk ketiga yang menggunakan media magnetic disk adalah disk drive, dan yang menggunakan media magnetic tape adalah tape drive.




     Printer dan plotter adalah jenis hard-copy device, karena keluaran hasil proses dicetak di atas kertas. Printer memiliki berbagai macam bentuk dan ukuran, serta ketajaman hasil cetak. Ukuran kertas yang dapat digunakan pun beragam. Tetapi, untuk mencetak di atas kertas dengan ukuran yang sangat besar, digunakanlah plotter.
    Monitor

    Monitor adalah salah satu jenis soft-copy device, karena keluarannya adalah berupa signal
    elektronik, dalam hal ini berupa gambar yang tampil di layar monitor. Gambar yang tampil
    adalah hasil pemrosesan data ataupun informasi masukan. Monitor memiliki berbagai ukuran layar seperti layaknya sebuah televisi. Tiap merek dan ukuran monitor memiliki tingkat resolusi yang berbeda. Resolusi ini lah yang akan menentukan ketajaman gambar yang dapat ditampilkan pada layar monitor. Jenis-jenis monitor saat ini sudah sangat beragam, mulai dari bentuk yang besar dengan layar cembung, sampai dengan bentuk yang tipis dengan layar datar (flat).


    Infocus
    Infocus hampir sama dengan monitor. Fungsinya adalah untuk menampilkan gambar/visual hasil pemrosesan data. Hanya saja, infocus memerlukan obyek lain sebagai media penerima pancaran singnal-signal gambar yang dipancarkan. Media penerima tersebut sebaiknya memiliki permukaan datar dan berwarna putih (terang). Biasanya yang digunakan adalah dinding putih,whiteboard, ataupun kain/layar putih yang dibentangkan.





    PENGERTIAN DAN JENIS PROCESS DEVICE

    Unit pemprosesan yang berada dalam komputer adalah Central Processing Unit (CPU). CPU merupakan otak atau pengatur suatu sistem yang mengolah sehingga menghasilkan informasi.
    Tiga unsur penting dalam CPU, yaitu primary storage, arithmatic logic uinit dan control unit.
    1. Primary storage adalah ukuran besarnya processor atau biasa disebut  dengan main memory.
    2. Arithmatic logic unit adalah suatu alat yang bertugas melakukan perhitungan dalam komputer
    3. control unit adalah merupakan suatu alat pengontrolan yang berada dalam komputer yang memberitahukan unit masukan mengenai jenis data, waktu pemasukan, dan tempat penyimpanan didalam primary storage. Control unit juga bertugas memberitahukan kepada arthmatic logic unit mengenai operasi yang harus dilakukan, tempat data diperoleh, dan letak hasil ditempatkan
    Perangkat-perangkat alat proses bersertaperlengkapan, yaitu sebagai berikut :
    a. Casing
    CSX_Desperado
    Casing adalah kotak pembungkus perangkat keras (hardware) didalam CPU agar terhindar dari kotoran dan sentuhan tangan.
    b. Power supplay
    250-watt-at-power-supply-fsp-spi-250g-350x350
    Lower supplay menyediakan arus listrik untuk berbagai peralatan CPU power supplay mengkonversi listrik dan menyediakan aliran listrik tetap untuk digunakan komputer. Kualitas power supplay menentukan kwalitas kinerja komputer. Daya sebesar 300-400 wat yang disalurkan power supplay biasanya cukup bagi komputer yang digunakan untuk pengetikan ataupun grafik. Sementara, daya 400-500 watt dibutuhkan jika komputer bekerja menggunakan banyak menggunakan Periferal ( unit tambahan).
    c. Motherboard
    motherboard_productimage_ga-g33m-ds2r_big
    Motherboard adalah ppan rangkaian utama komputer untuk memasang processor, memory dan perangkat lainnya.
    d. Processor
    img_18101_processor
    Processor adalah sebuah chip yang merupakan pengolah utama dan pusat pengendalian berbagai perangkat komputer.
    e. Memory
    128mb-pc100-ecc-reg-sdram-memory-p-n-am21600-am21600
    Memory adalah alat yang berfungsi mengolah data dan intruksi serta menyimpan informasi. Semakin besar kapasitas memory yang digunakan, semakin banyak data maupun perintah yang dapat disimpan berikut ini beberapa tipe memory berdasarkan urutan dari yang tercepat aksesnya hingga yang paling lambat.
    1. Register
    2. Cache memory
    3. Disk cache
    4. Magnetic disk
    5. Optikal disk
    selain berdasarkan kecepatan aksesnya, urutan tipe memory tersebut disusun berdasarkan harga, kapasitas, dan frekuensi pengakseskan.
    1. Tipe register harga paling mahal dan tipe optical disk harganya paling murah.
    2. Tipe register kapasitasnya paling besar dan tipe optical disk kapasitasnya paling kecil.
    3. Tipe register frekuensi pengaksesannya paling tinggi dan tipe optical disk frekuensi pengaksesannya paling rendah.
    Kapasitas memory dinyatakan dalam satuan byte atau bit.
    1 byte = 1 huruf
    1 Kilo Byte (KB) = 1 x 1024 byte
    1 Mega Byte = 1024 KB
    Terdapat dua jenis memory, yaitu sebagai berikut.
    1. Read Only Memory (ROM)
    ROM adalah suatu tempat penyimpanan intruksi yang dirancang oleh pembuat komputer. Data dan intruksi dalam ROM hanyu dapat dibaca dantidak dapat diubah. Kemampuan penyimpanannya tida tergantung pada arus listrik ROM memiliki batrai sendiri.
    2.Random Access Memory (RAM)
    RAM adalah tempat penyimpanan data atau program untuk sementara selama dibutuhkan. Data dalam RAM akan hilang dengan sendirinya apabila arus listrik dimatikan.
    Terdapat beberapa jenis RAM  yang beredar dipasaran hingga saat ini yaitu :
    1. FPM DRAM (Fast Page Mode Random Access Memory), RAM  yang paling pertama kali ditancapkan pada slot memori 30 pin mainboard komputer, dimana RAM ini dapat kita temui pada komputer type 286 dan 386. Memori jenis ini sudah tidak lagi diproduksi.
    2. EDO RAM ( Extended Data Out Random Access Memory), RAM jenis ini memiliki kemampuan yang lebih cepat dalam membaca dan mentransfer data dibandingkan dengan RAM biasa. Slot memori untuk EDO – RAM adalah 72 pin. Bentuk EDO-RAM lebih panjang daripada RAM yaitu bentuk Single Inline Memory Modul (SIMM). Memiliki kecepatan lebih dari 66 Mhz
    3. BEDO RAM (Burst EDO RAM), RAM yang merupakan pengembangan dari EDO RAM yang memiliki kecepatan lebih dari 66 MHz.
    4. SD RAM (Synchronous Dynamic Random Access Memory), RAM jenis ini memiliki kemampuan setingkat di atas EDO-RAM. Slot memori untuk SD RAM adalah 168 pin. Bentuk SD RAM adalah Dual Inline Memory Modul (DIMM). Memiliki kecepatan di atas 100 MHz.
    5. RD RAM (Rambus Dynamic Random Access Memory). RAM jenis ini memiliki kecepatan sangat tinggi, pertama kali digunakan untuk komputer dengan prosesor Pentium 4. Slot Memori untuk RD RAM adalah 184 pin. Bentuk RD RAM adalah Rate Inline Memory Modul (RIMM). Memiliki kecepatan hingga 800 MHz.
    6. DDR SDRAM (Double Data Rate Synchronous Dynamic RAM). RAM jenis ini memiliki kecepatan sangat tinggi dengan menggandakan kecepatan SD RAM, dan merupakan RAM yang banyak beredar saat ini. RAM jenis ini mengkonsumsi sedikit power listrik. Slot Memori untuk DDR SDRAM adalah 184 pin, bentuknya adalah RIMM.
    f. VGA Card
    images
    VGA Card adalah kartu elektronik yang berfungsi menghubungkan motherboard dan monitor.
    g. I/O Card
    41s6AGreEwL._SL500_AA280_
    Input / Output Card ( I/O Card ) adalah sebuah kartu elektronik yang berfungsi menghubungkan antara motherboard dengan unit masukan dan unit keluaran. I/O Card juga berfungsi menghubungkan motherboard dan hard disk serta floppy disk drive.
    h. Sound Card
    soundcard1
    Sound card adalah perangkat multimedia yang berfungsi untuk mengolah suara  pada komputer.


    First
    0 Komentar