Pengertian Audio

18.57

      + Audio adalah suara/ bunyi yang dihasilkan oleh getaran suatu benda.

·     
      Suara adalah suatu getaran yang dihasilkan oleh gesekan, pantulan, rambatan antara suatu benda. Suara dibangun oleh periode, apabila tidak berarti bukan suara
.
·        +  Bunyi adalah suatu bentuk gelombang longitudinal yang merambat secara perapatan dan perenggangan terbentuk oleh partikel zat perantara serta ditimbulkan oleh sumber bunyi yang mengalami getaran.

·          Gelombang adalah suatu getaran yang terdiri dari amplitudo dan waktu.

·          Suara Digital adalah harmonisasi bunyi yang dibuat melalui perekaman konvensional maupun suara sintetis yang disimpan dalam media berbasis teknologi komputer. Format digital dapat menyimpan data dalam jumlah besar, jangka panjang dan berjaringan luas.

·          + Suara Analog. Data analog disebarkan melalui gelombang elektromagnetik secara terus menerus, sedangkan data digital disebarkan dalam bentuk angka yaitu “0” dan “1” yang biasa disebut biner dengan jeda.

       Macam - macam software editing audio :
       - Adobe audition
       - Nuendo
       - Cubase
       - Fruity loops
       - Pro tools
       - Sonar
       - Sony soundforge
       - Wavelab
       - dll.

       Pengertian ADC dan DAC
      1. ADC (Analog to Digital Convertion)
      ADC atau Analog Digital Convetion merupakan suatu piranti yang berfungsi untuk mengubah sinyal-sinyal Analog menjadi sinyal Digital. Atau dapat disimpulkan ADC ini merubah nilai suatu masukan yang berupa arus, tegangan listrik atau sinyal analog lainnya menjadi sinyal digital (angka).

2. DAC (Digital to Analog Convertion)
      Merupakan sebuah piranti yang digunakan untuk mengubah sebuah masukan digital yang umumnya dalam bentuk biner menjadi masukan atau sinyal analog yang biasanya dalam bentuk arus, tegangan listrik ataupun muatan elektronik. 
Previous
Next Post »
0 Komentar